Home » » Black Sabbath

Black Sabbath

Black sabbath

Band yang dijuluki the goodfather metal ini dibentuk pada 1969 di midlands (tempat asal banyak band metal) termasuk judas priest, motor head, dan led zeppelin) pada awalnya menamakan earth tapi berubah menjadi black sabbath pada 1969. Formasi klasiknya menampilkan ozzy osbourne meskipun dia hengkang pada tahun 1979, dan digantikan oleh ronnie james dio yang kemudian digantikan (sebentar) oleh Ian Gillian.

Black sabbath bubar pada tahun 1983 dan bersatu kembali pada akhir 1990’an bersama Ozzie dan menjadi bintang utama ‘ozzfest’, ajang musik tahunan dimana band-band seperti slayer dan fear factory menunjukan rasa hormat meereka kepada para maestro. Black sabbath pernah disebut oleh NME “mewakili yang terbaik dan terburuk dari heavy metal”. Band pertama yang paling signifikan dalam sejarah metal.

GITARIS :

Tony Iommi bertanggung jawab atas beberapa riff metal terbaik sepanjang masa. Tengok saja intro paranoid atau riff unison NIB atau iron man. Sering memainkan melodi lagu ssecara keseluruhan dengan power chord. Memiliki ujung jari bionik artifisial yang dipasang pada tangan untuk memegang fret. Dan dia kidal !!!


PERALATAN :

Black gibson SG dengan hiasan salib yang dihubungkan ke ampli Laney. Sound gitar prrimitif ala tony sering digambarkan sebagai british metal tone. Ia memiliki gain yang tinggi, tapi dengan midrange yang melimpah dan delay yang amat minim.

ALBUM ESENSIAL :

Album perdana paranoid wajib ada dalam koleksimu. Tapi untuk menghadapi para pemuja sabbath kamu harus punya satu album dari setiap vokalisnya. Tidak ada salahnya memiliki beberapa album solo ozzy-diary of madman (1981). Yang menampilkan almarhum gitaris randy rhoads.

KEHEBOHAN METAL :

Ozzy pernah menggigit putus kepala seekor kelelawar hidup pada suatu pertunjukan. Rock ‘n roll man !!!!

MOMEN TERBAIK :

Efek paling horror dan paling metal pada intro lagu paranoid, suara hujan dengan latar dentang lonceng benar-benar dahsyat. Kamu tidak akan bisa lebih lebih metal dari itu bung..

KRITIK YANG DAPAT DITERIMA :

Solo “twin-lead” Iommi pada awal karirnya kacau balau .

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS