Home » » Pengen jadi anak band????

Pengen jadi anak band????

Pada postingan kali ini gw pengen nulis tentang fenomena anak band yang pasti dari hari ke hari jumlahnya makin banyak. terutama dari kalangan anak-anak sekolah maupun kuliah..
Kepengen jadi anak band??? yah itulah yang gw rasain waktu jaman-jaman pertama gw tertarik dengan dunia musik yaitu sekitar 6 tahun'an yang lalu. waktu itu gw masih kelas 3 smp dan dimasa inilah gw mulai menentukan tujuan hidup gw dan mulai menemukan jati diri gw.
nah gw harap postingan gw kali ini bisa cukup memberi gambaran yang jelas kepada teman-teman semua yang mulai tertarik dengan dunia musik khususnya yang memilih band sebagai jalur musiknya.



Band vs Solo
kenapa harus memilih band sebagai jalur karir musik lo??? yah mungkin banyak versi jawaban yang akan keluar untuk pertanyaan ini. kalo lo seneng nongkrong-nongkrong bareng sama temen-temen lo, trus lo adalah tipe orang yang senang banget untuk menjalin persahabatan dan melakukan berbagai aktivitas dan petualangan-petualangan seru dengan sahabat-sahabat terbaik lo, gw kira memilih band adalah pilihan yang cocok buat lo. tapi kalo lo orang yang individualis, ego lo tinggi dan susah buat bekerja di dalam tim, gw saranin lebih baik solo karir deh karena band sama sekali gak cocok buat lo. main band bukan sekedar aktivisas ngjamm-ngjamm doank brur. lo dituntut harus punya rasa toleransi yang tinggi terhadap temen-temen satu band lo, bukan perkara mudah lo untuk menyatukan 5 kepala di dalam satu wadah. karena setiap kepala pasti memiliki idealisme'nya masing dan rasa toleransi merupakan perangkat yang mutlak dimiliki untuk menetralisir semua ego-ego kita. ditambah juga dengan komitmen yang tinggi. banyak banget band-band baru yang bermunculan namun harus kandas dengan usia yang baru seumur jagung karena tidak ditopang dengan komitmen yang kuat dari masing-masing personilnya. inget komitmen adalah kunci dari sebuah hubungan. baik itu hubungan pesahabatan, percintaan, atau juga hubungan di dalam karir dan dalam hal ini adalah karir musik kalian di band.

Instrumentalis vs Vokalis
kalo ini sih gw pikir bener-bener masalah minat. kalo lo mang hobi nyanyi di kamar mandi atau doyan banget karaokean yah cocoknya jadi vokalis. tapi kalo lo tipe orang yang hobi koleksi dan modifikasi sesuatu barang kayak otomotif atau gadget kayaknya lebih cocok jadi instrumentalis deh. terlebih-lebih kalo mang lo udah jago maenin sebuah alat musik. instrumentalis mutlak lah :D

Maen apa nih gw????
nah sekarang setelah lo memilih band sebagai jalur musik lo dan memilih instrumentalis ketimbang vokalis kini saatnya memilih instrument apa yang paling cocok buat lo. pada umumnya di dalam sebuah band instrument yang dipakai antara lain adalah Gitar, Bass, Drum, Piano/keyboard.
disini gw akan bahas sekilas aja mengenai alat-alat musik tsb.
  • Gitar, alat musik yang cocok banget buat pijakan pertama lo. karena gitar adalah alat musik ritmik sekaligus melodik dan hampir dapat memainkan semua jenis musik seperti pop,rock,blues,jazz,dll. dan ditambah pula kepraktisan gitar untuk dibawa kemana-mana dan dimainkan di mana-mana.
  • Bass, alat musik bertone rendah ini adalah pilihan yang pas buat tipe musisi yang seneng bikin grove-grove yg gereget. bass dapat dikatakan sebagai alat musik ritmik dan juga melodik, namun karena tone otentik dari bass yang bersuara rendah, bass lebih cocok untuk menjadi alat musik ritmik yang menemani seorang drummer untuk membangun pondasi musik yang kuat dan berkarakter.
  • Drum, Cocok banget buat lo yang enerjik dan gag bisa diem. biasanya sih kao yang lagi dengerin musik gag bisa diem 'n petakilan kayaknya pas banget buat jadi drummer. yah cuma biasanya masalah yang dihadapi drummer-drummer adalah mahalnya harga gigs mereka. apalagi kalo yang masih sekolah atau kuliah bisa manyun-manyun lo nabung buat beli drum. hehe..
  • Keyboard, Alat musik yang komplit bisa maenin apa aja, mau bikin rythm section bisa mau bikin melodi bisa, mau maen aliran musik apa aja juga bisa.
Nah setelah kurang lebih tahu masing-masing alat musiknya,kalian tinggal sesuaikan aja sama minat dan juga budget tentunya..

Apa yang harus gw lakuin Sekarang???
sekiranya setelah membaca posting gw ini gw harap lo semua tau tentang apa yang harus lo lakuin baik itu memilih band atau solo karir sebagai jalur musik lo, atau yang sudah memilih jalur band setidaknya tau posisi apa yang cocok entah itu vokalis ataupun instrumentalis.
nah sedikit saran buat yang memilih menjadi seorang instrumentalis, cobalah setia dan berkomitmen dengan alat musik yang udah lo pilih. jangan seminggu baru maen gitar trus minggu depannya belajar Drum abis itu bulan depannya lagi lo maen Keyboard.. dijamin gag bkalan beres deh. cobalah setia dan cintai alat musik yang lo pilih, banyakin liat permainan musisi lain yg berkelas sesuai dengan alat musik yang lo minatin sebagai sarana motivasi dan penyemangat dalam latihan. dan percaya deh gag ada yang jago main gitar,bass,drum,dll cuma dalam beberapa bulan latihan seengaknya lo butuh waktu sekitar 3-4 tahun untuk bener-bener bisa menyelami instrumen lo masing-masing. konsistensi dan ketekunan dalam latihan adalah kuncinya.

okelah kalo begitu sekian dulu postingan gw kali ini.
wassalam..

1 comments:

  1. gan, ane tolong kasih materi ini donk gan ..

    http://www.belajargitar101.com/


    kalau ada, kirim ke ranzers3@gmail.com.

    mkasih ya gan

    ReplyDelete

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS